Profil Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gaya Belajar pada Siswa SMPN 2 Pinrang

Akbar, Ady (2018) Profil Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gaya Belajar pada Siswa SMPN 2 Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Matematika adalah kebutuhan intelektual khas dunia modern sekaligus sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di bangku sekolah memiliki peranan yang sangat vital karena dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam berpikir secara logis dan rasional. Kemampuan matematika siswa di Indonesia saai ini masih memprihatinkan. Hasil penelitian PISA (Program for International Student Asesment)pada tahun 2015 menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih sangat rendah yakni berada pada urutan 64 dari 72 negara yang mengikuti tes PISA.Banyak aspek yang dapat mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa, antara lain gaya kognitif dan gaya belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Profil Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gaya Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes literasi matematika yang sesuai dengan standar PISA, tes gaya kognitif, dan gaya belajar. Data hasil tes literasi siswa kemudian didalami melalui proses wawancara. Subjek penelitian ini berjumlah 3 siswa SMPN 2 Pinrang yaitusatu orang siswa dengan gaya kognitif FI dengan gaya belajar auditori, satu orang siswa dengan gaya kognitif field independent dengan gaya belajar visual, satu orang siswa dengan gaya kognitif field independent dengan gaya belajar kinestetik. Pengujian keabsahan data dilakuan dengan cara triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang berbeda gaya kognititf dan gaya belajarnya masing-masing memiliki karakteristik dan perbedaan dalam mengerjakan soal literasi. Karakteristik dan perbedaan ini meliputi perbedaan dalam hal mengidentifikasi informasi, merencanakan solusi, perbedaan dalam melakukan tahap penyelesaian, pengecekan hasil pekerjaan, hingga perbedaan dalam hal penarikan kesimpulan. Kata kunci: Literasi matematika, Gaya kognitif, Gaya belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Sep 2018 08:11
Last Modified: 25 Sep 2018 08:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10947

Actions (login required)

View Item View Item