PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 RANTEBULAHAN TIMUR KABUPATEN MAMASA

Windigledi, Frides (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 RANTEBULAHAN TIMUR KABUPATEN MAMASA. S1 thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran kecerdasan emosional guru di SMP Negeri 3 Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa (2) gambaran kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa (3) Pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian ini adalah terdiri dari kecerdasan emosional guru (variabel X) dan kualitas pembelajaran IPS (variabel Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa yang terdiri dari 3 kelas dan berjumlah 106 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dan didapatkan 51 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dan teknik analisis data inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui (1) Kecerdasan emosional guru di SMP Negeri 3 Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa dapat dikategorikan “sangat baik” dilihat dari indikator kesadaran diri, mengendalikan emosi diri, motivasi diri, empati, dan keterampilan sosial, (2) Kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa dikategorikan “baik” dilihat dari indikator prilaku pembelajaran pendidik (guru), perilaku dan dampak belajar peserda didik, iklim pembelajaran, materi pembelajaran yang berkualitas, kualitas media pembelajaran, dan sistem pembeljaran di sekolah, (3) Ada pengaruh yang tergolong “kuat” kecerdasan emosional guru terhadap kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa, hal ini menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran akan meningkat apabila dimulai dari menciptakan emosi positif pada pendidik dan peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:54
Last Modified: 25 Sep 2018 00:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10932

Actions (login required)

View Item View Item