Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Fikih Di MAN 1 Wakatobi

Mustafa, Irsan (2018) Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Fikih Di MAN 1 Wakatobi. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 di MAN 1 Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitan ini adalah Kepala Madrasah, guru pelajaran fikih dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian (i) Perencanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran fikih di MAN 1 Wakatobi telah memenuhi sebagian besar idikator tetapi masih ada indikator yang belum dilaksanakan yaitu guru fikih belum menuangkan seluruh komponen penilaian ke dalam kisi-kisi penilaian, (ii) Pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran fikih di MAN 1 Wakatobi telah memenuhi indikator secara menyeluruh, tetapi guru fikih belum menggunakan teknik penilaian autentik yang berfariasi, (iii) Pengolahan dan Pelaporan hasil penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran fikih di MAN 1 Wakatobi telah memenuhi indikator secara menyeluruh berdasarkan teknik penilaian yang digunakan dalam penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kata Kunci: Penialain Autentik, Kurikulum 2013, Pembelajaran Fikih

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Sep 2018 01:14
Last Modified: 24 Sep 2018 01:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

View Item View Item