PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RUMPUN IPS DI SMA NEGERI 11 PANGKEP

MZ, ADHE POETRI (2018) PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RUMPUN IPS DI SMA NEGERI 11 PANGKEP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL ADHE.pdf

Download (225kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan Pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran rumpun IPS di SMA Negeri 11 Pangkep. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran rumpun IPS di SMA Negeri 11 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria yaitu guru yang telah mengajar selama lebih dari 2 tahun dan guru yang mengajar pada mata pelajaran rumpun IPS di SMA Negeri 11 Pangkep. Jumlah informan sebanyak 7 orang guru yang mengajar mata pelajaran rumpun IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran rumpun IPS di SMA Negeri 11 Pangkep terdiri dari dua kegiatan utama yakni (a) kegiatan pengaturan peserta didik yang terdiri dari pengaturan tingkah laku, minat/perhatian, gairah belajar dan dinamika kelompok, (b) kegiatan pengaturan fasilitas yang terdiri pengaturan ventilasi, pencahayaan dan letak duduk peserta didik. Adapun pelaksanaan pengelolaan kelas ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan interaksi dengan perilaku integratif yang memposisikan guru sebagai sumber motivasional dan insiprasi bagi peserta didik. 2) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengelolaan kelas guru mata pelajaran rumpun IPS di SMA Negeri 11 Pangkep dikelompokkan menjadi tiga kondisi yaitu: (a) kondisi lingkungan fisik, (b) kondisi sosio-emosional dan (c) kondisi peserta didik. Kondisi-kondisi tersebut dapat menjadi faktor pendukung atau faktor penghambat tergantung bagaimana cara guru dalam menyikapinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Sep 2018 08:32
Last Modified: 21 Sep 2018 08:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10908

Actions (login required)

View Item View Item