PEMBERDAYAAN IBU IBU PKK MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN AKSESORIS DARI KAIN PERCA DI DESA BONTONGAN KECAMATAN BARAKA KAB ENREKANG

MAHMUD, MASDA (2018) PEMBERDAYAAN IBU IBU PKK MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN AKSESORIS DARI KAIN PERCA DI DESA BONTONGAN KECAMATAN BARAKA KAB ENREKANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL masda mahmud.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan untuk menghasilkan sember daya manusia yang terampil dan berkualitas. Pemberdayan mendorong terjadinya suatu proses perubahan social yang memungkinkan orang-orang yang tidak berdaya untuk memberi pengaruh yang lebih besar pada kegiatannya. Oleh karena itu pemberdayaan dapat bersifat individu sekaligus kolektif. Pelatihan yang akan dilakukan adalah pelatihan pembuatan aksesoris dengan menggunakan kain perca. Pemilihan materi pelatihan berupa keterampilan membuat aksesoris didasarkan pada fenomena yang terjadi bawha pengguna asesoris didunia semakin tahun semakin bertambah. Dengan semakin banyaknya desain dan macam asesoris yang sesuai dengan kebutuhan menjadi alasan pertambahan konsumen aksesoris. Aksesoris memiliki variasi yang banyak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya pemakainya. Pemanfaatan limbah kain perca digunakan sebagai bahan dasar pembuatan aksesoris dengan pertimbangan berdasarkan hasil observasi 23 januari 2018 bahwa di Dusun Bontongan terdapat beberapa usaha penjahitan yang menghasilkan limbah kain perca dari hasil produksi penjahitan baju. Limbah kain perca tersebut tidak dimanfaatkan oleh pemilik usaha tersebut sehingga menjadi tumpukan sampah. Melihat kondisi tersebut peneliti sangat tertarik untuk memanfaatkan kain perca tersebut menjadi berbagai macam asksesoris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Sep 2018 08:23
Last Modified: 21 Sep 2018 08:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10906

Actions (login required)

View Item View Item