Pengaruh Bentuk Tes Formatif dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Sinjai

Lahis, Nirwana (2018) Pengaruh Bentuk Tes Formatif dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Sinjai. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (247kB)

Jenis penelitian ini adalah research and development. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Model Problem Based Learning (PBL) untuk Siswa Kelas X MIPA SMA/MA yang bersifat valid, praktis dan efektif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, Evaluation). Data penelitian ini terdiri atas: (1) data kevalidan melalui penilaian ahli, (2) data kepraktisan melalui pengamatan keterlaksanaan LKPD dan data respon guru dan siswa, (3) data keefektifan melalui tes hasil belajar dan tes peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) LKPD memiliki tingkat kevalidan sebesar 4,3 dengan kategori valid, (2) LKPD dinyatakan praktis dengan tingkat keterlaksanaan sebesar 1,8 dengan kategori terlaksana seluruhnya, respon guru dan siswa terhadap LKPD yakni bersifat positif, (3) LKPD dinyatakan efektif dengan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 83,9% dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gain score 0,5. Kata Kunci: LKPD, PBL, valid, praktis, efektif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Sep 2018 08:09
Last Modified: 20 Sep 2018 08:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10878

Actions (login required)

View Item View Item