Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Biologi Kelas X Di Ma Madani Aluddin Pao-Pao GOWA

Rafi’y, Muh. (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Biologi Kelas X Di Ma Madani Aluddin Pao-Pao GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL MUH. RAFI'Y.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning pada materi perubahan lingkungan yang valid, praktis, dan efektif bagi pes erta didik Sekolah Menengah Atas. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui proses validasi LKPD, angket respon peserta didik dan guru terhadap LKPD untuk mengukur kepraktisan, dan tes hasil belajar digunakan untuk mengukur keefektifan. Data uji coba dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Biologi berbasis Problem Based Learning bersifat valid, praktis, dan efektif. Dikatakan valid karena LKPD biologi berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori “valid”. LKPD Biologi dikatakan praktis karena peserta didik dan guru memberikan respon positif terhadap LKPD Biologi. Serta dikatakan efektif karena telah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Sep 2018 06:13
Last Modified: 20 Sep 2018 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10869

Actions (login required)

View Item View Item