Upaya meningkatkan hasil belajar menggiring bola melalui model kolaborasi dalam permainan sepakbola murid kelas V.B SD Inpres 167 Mattoanging Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto

MUNANDAR, HALIM (2018) Upaya meningkatkan hasil belajar menggiring bola melalui model kolaborasi dalam permainan sepakbola murid kelas V.B SD Inpres 167 Mattoanging Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
4 JURNAL.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar menggiring bola melalui model kolaborasi dalam permainan sepakbola murid kelas V.B SDInpres 167 Mattoanging Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan di siklus I dan Siklus II dan di rancang melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini mencakup 3 rana yaitu kognitif, Psikomotor dan efektif. Data penelitian ini adalah hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola. Sumber data penelitian ini adalah murid kelas V.B SDInpres 167 Mattoanging Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. Yang berjumlah 16 orang. Pengumpulan data hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola dianalisis secara analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kolaborasi dapat meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola murid kelas V.B SDInpres 167 Mattoanging Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. Adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola murid kelas V.B SDInpres 167 Mattoanging Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto, dimana pada siklus I presentase kelulusan murid kelas V.B SDInpres 167 Mattoanging Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto sebesar 50%, (Tuntas) dan meningkat pada siklus II dengan presentase kelulusan sebesar 93.75% (Tuntas). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model kolaborasi murid lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga pada umunya murid memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan. Kata Kunci :Pembelajaran PJOK, Model Kolaborasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Sep 2018 06:00
Last Modified: 20 Sep 2018 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10867

Actions (login required)

View Item View Item