Studi Hukum tentang Pelakasanaan Program Beras Sejahtera (Rastra) di Kelurahan Dualimpoe Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo

ACCARIANI, ACCARIANI (2018) Studi Hukum tentang Pelakasanaan Program Beras Sejahtera (Rastra) di Kelurahan Dualimpoe Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL ACCARIANI.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstrak. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh A. Kasmawati dan Imam Suyitno.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mekanisme pelaksanaan program beras sejahtera melalui enam tepat di Kelurahan Dualimpoe Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo. (2) faktor penghambat dalam pelasanaan program beras sejahtera di Kelurahan Dualimpoe Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo . Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriftif kualitatif, sumber data primer yaitu informan sebanyak enam orang. Data sekunder yaitu dokumen. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mekanisme Pelaksanaan Program Rastra Kelurahan Dualimpoe Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo, pelaksanaanya belum memenuhi keseluruhan indikator pencapaian program Rastra, diantaranya indikator tepat sasaran, tepat waktu, tepat administrasi, dan tepat kualitas. Dari ke enam indikator pencapaian program Rastra sebagaimana diatur dalam Petunjuk Teknis Program Rastra Kabupaten Wajo Tahun 2018 hanya dua indikator yang terpenuhi yaitu tepat jumlah dan tepat harga (2) faktor penghambat pelaksanaan program Rastra di Kelurahan Dualimpoe Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo adalah tidak menentunya penyaluran Rastra dari pihak BULOG. Pelaksana distribusi Rastra di Kelurahan Dualimpoe yang tidak disiplin, Selain itu penginformasian waktu pembagian beras yang terkendala sarana prasarana. Dan juga adanya KPM yang terkadang malas datang mengambil beras. Serta tidak adanya pemberitahuan saat nama KPM dihapus dari DPM. Dan juga tidak adanya pengawasan dari pemerintah setempat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Sep 2018 05:32
Last Modified: 20 Sep 2018 05:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10865

Actions (login required)

View Item View Item