Deskripsi Kesalahan Penyelesaian Soal Matematika Higher Order Thinking Skills Berdasarkan Kriteria Watson Siswa Kelas VIII SMPN 9 Binamu Kabupaten Jeneponto

Basri, Siti Nurjannah (2018) Deskripsi Kesalahan Penyelesaian Soal Matematika Higher Order Thinking Skills Berdasarkan Kriteria Watson Siswa Kelas VIII SMPN 9 Binamu Kabupaten Jeneponto. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan awal siswa kelas VIII SMPN 9 Binamu Kabupaten Jeneponto. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis yang memuat 3 butir soal uraian dan pedoman wawancara. Kesalahan yang dianalisis dikategorikan dengan menggunakan kategori kesalahan Watson yang terdiri dari 8 kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria kesalahan Watson, kesalahan yang terjadi adalah data tidak tepat, prosedur tidak tepat, kesimpulan hilang, konflik level respon, dan masalah hierarki keterampilan. Penyebab siswa melakukan kesalahan adalah tidak memahami informasi yang ada pada soal, kurangnya ketelitian siswa, dan kurangnya keterampilan dalam manipulasi aljabar. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang jenis kesalahan yang dilakukan siswa SMP pada materi relasi dan fungsi khususnya dalam mengerjakan soal level tingkat tinggi sehingga dalam proses pembelajaran kesalahan-kesalahan yang dilakukan dapat segera diminimalisir. Kata kunci:Kesalahan, Higher Order Thinking Skills, Kriteria Watson.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Sep 2018 05:03
Last Modified: 20 Sep 2018 05:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10863

Actions (login required)

View Item View Item