Pengembangan Aplikasi Ujian Semester Berbasis Komputer Menggunakan Moodle Di Sekolah Menengah Kejuruan

Haeriani. H, Haeriani. H (2018) Pengembangan Aplikasi Ujian Semester Berbasis Komputer Menggunakan Moodle Di Sekolah Menengah Kejuruan. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Haeriani PPs UNM.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

. 2018. . (Dibimbing oleh ). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pengembangan aplikasi ujian semester berbasis komputer menggunakan moodle di sekolah menengah kejuruan, (2) menghasilkan aplikasi ujian yang valid, praktis dan efektif digunakan sebagai aplikasi ujian semester berbasis komputer menggunakan moodle di sekolah menengah kejuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan waterfall dengan empat tahap yaitu: analisis, desain, code (pembuatan sistem), implementasi (pengujian). Tahap pengembangan, produk awal aplikasi uji kelayakannya dengan cara validasi oleh ahli. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, berupa rata-rata dan pengkategorian setiap nilai hasil jawaban responden. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan. (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap analisis kebutuhan diperoleh informasi pelaksanaan ujian semester yang masih konvensional ingin diubah berbasis komputer, informasi tersebut kemudian menjadi informasi awal mengembangkan aplikasi. Tahap desain dengan mendesain alur dan gambaran aplikasi yang dibuat kemudian desain yang dibuat berupa diagram, konteks, data flow diagram, interface, dan database. Tahap code (pembuatan sistem) dilakukan dimulai dari instalasi moodle, instalasi xampp, pembuatan course/kelas, pengaturan interface berdasarkan desain, instalasi plugin untuk mengubah tema aplikasi, mysql sebagai database, langkah terakhir adalah upload soal dan user. Tahap implementasi dilakukan dengan pengujian terhadap masukan dan keluaran aplikasi yang dikembangkan menggunakan pengujian blackbox, pengujian kelayakan oleh validator, uji coba perorangan (one to one), uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. (2) Hasil validasi ahli media (aplikasi) dari keseluruhan aspek dengan persentase 92,33%% berada pada kategori sangat baik. Hasil uji coba perorangan (one to one) dengan persentase 78,14% pada kategori cukup baik, hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 81,20% pada kategori cukup baik, uji coba kelompok besar dengan persentase 87,98% pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase yakni 85,01% - 100% dalam kategori sangat baik maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi ujian semester berbasis komputer menggunakan moodle di sekolah menengah kejuruan valid, efektif dan praktis. Kata Kunci : Aplikasi, Pengembangan, Ujian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:44
Last Modified: 20 Sep 2018 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10859

Actions (login required)

View Item View Item