Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz dikelas X AK 1 SMK YPLP PGRI 1 MAKASSAR

Ambo Enre, Firawati (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz dikelas X AK 1 SMK YPLP PGRI 1 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
skripsi FILE.pdf

Download (652kB) | Preview

FIRAWATI, 2018. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dikelas X AK 1 SMK YPLP PGRI 1 MAKASSAR. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. (pembimbing : (1) Dr. Tuti Supatminingsi S.E M.Si, (2) Muhammad Hasan S.Pd, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz. Hasil penelitian nantinya dapat memberikan manfaat dari semua pihak terutama bagi pendidik, peserta didik, maupun bagi peneliti sendiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang didesain dalam 3 siklus yaitu siklus 1, siklus 2 dan siklus 3, dengan alur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X AK 1 SMK YPLP PGRI 1 Makassar yang berjumlah 35 orang. Data yang digunakan diperoleh melalui observasi, tes dan wawancara. Untuk analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bawa melalui penerapan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dinyatakan pada siklus I berdasarkan penerapan model pembelajaran Team Quiz hasil belajar siswa mencapai 77.14 persen atau 27 orang siswa masuk dalam kategori tuntas dan pada siklus II naik menjadi 94.29 persen atau 33 orang siswa hal ini menunjukkan hasil belajar siswa meningkat dan sudah mencapai standar yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui penerapan model pembelajran kooperatif tipe Team Quiz hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Perbankan dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 31 Oct 2018 08:06
Last Modified: 31 Oct 2018 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10855

Actions (login required)

View Item View Item