PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUGIS PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 PATIMPENG KABUPATEN BONE

ILLAH, ANDI TENRI (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUGIS PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 PATIMPENG KABUPATEN BONE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL Andi tenri.docx

Download (44kB)

Abstract

IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION BASED ON BUGINESE LOCAL WISDOM ON SOCIAL SCIENCES SUBJECT AT SMPN 1 PATIMPENG IN BONE DISTRICT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR ABSTRAK Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah (i)Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal bugis pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Patimpeng Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana peranan nilai kearifan lokal bugis dalam membentuk karakter siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Patimpeng Kabupaten Bone? (iii) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Patimpeng Kabupaten Bone? Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif.Informan dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS dan seluruh siswa SMP Negeri I Patimpeng.teknik pengambilan sampel yaitu Claster Stratifed Random Sampling dengan 3 guru IPS dan 9 jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama,Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal bugis pada mata pelajaran IPS dilakukan dengan cara guru merancang materi pendidikan karakter dengan cara mengelolah kelas terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran, Kerja sama antara sekolah dengan keluarga, serta membuat pedoman perilaku dikelas. Pelaksanaan pendidikan karakter tersebut dilaksanakan dengan berbagai model dan metode pembelajaran, misalnya model STAD dan metode ceramah serta penugasan.Kedua,Peranan nilai kearifan lokal bugis dalam membentuk karakter siswa pada mata pelajaran IPS dilakukan dengan cara guru memberikan penghargaan pada siswa yang berperilaku lempu (jujur), tidak memilih-milih teman, serta anak-anak di didik agar tidak menyontek.Ketiga,Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran IPS terdiri dari faktor eksternal dan internal. Kata kunci: pendidikan karakter dan kearifan lokal bugis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Sep 2018 07:24
Last Modified: 19 Sep 2018 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10821

Actions (login required)

View Item View Item