STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI PADA SMA DI KECAMATAN POLEWALI)

ASTI YANA, ASTI YANA (2018) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI PADA SMA DI KECAMATAN POLEWALI). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL ASTI YANA (1463042017) FIX.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA di Kecamatan Polewali, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kepala sekolah dalam melaksanakan strategi peningkatkan mutu pendidikan di SMA di Kecamatan Polewali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan kriteria yang digunakan yaitu kepala SMA Negeri di Kecamatan Polewali dan guru yang mengajar di SMA Negeri di Kecamatan Polewali. Jumlah informan yaitu sebanyak 4 kepala sekolah dan 4 guru yang memiliki jabatan sebagai wakasek kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu menggunakan teknik Triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu melakukan pemenuhan sarana dan prasarana sekolah, pemberian arahan kepada guru, meningkatkan profesionalisme guru, melakukan pembinaan khusus bagi peserta didik serta melakukan pendekatan kekeluargaan. 2) Faktor yang mempengaruhi kepala sekolah dalam melaksanakan strategi peningkatkan mutu pendidikan yaitu: motivasi kerja, lingkungan sosial dan partisipasi masyarakat serta persepsi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Sep 2018 07:17
Last Modified: 19 Sep 2018 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10818

Actions (login required)

View Item View Item