Pengaruh Kecerdasan Linguistik terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar

HAERUL, NURFADHILLAH (2018) Pengaruh Kecerdasan Linguistik terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL NURFADHILLAH HAERUL - 161050101011.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji tingkat kecerdasan linguistik siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar; (2) mengkaji keterampilan menulis teks eksposisi siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar; dan (3) membuktikan pengaruh secara signifikan kecerdasan linguistik terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif berbentuk ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar. Penarikan sampel dilakukan dengan simple random sampling dan ditetapkan kelas VIII 10 yang berjumlah 33 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Keseluruhan data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kecerdasan linguistik siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar tergolong tinggi dengan nilai rata-rata yang diperoleh dalam tes kecerdasan linguistik adalah 78.54, nilai tertinggi 94, dan nilai terendah 63; (2) keterampilan menulis teks eksposisi siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar tergolong tinggi dengan nilai rata-rata adalah 74.0, nilai tertinggi 95.8, dan nilai terendah 47,9; serta (3) ada pengaruh kecerdasan linguistik terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar dibuktikan dengan hasil perhitungan regresi linear sederhana yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 4,970 pada taraf signifikan 0.05 dan df sebesar 31 diperoleh Ftabel 4.16. Jadi, Fhitung (4,970) > Ftabel (4,16) artinya H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan linguistik berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar siswa diberi pengetahuan piranti-piranti linguistik terlebih dahulu sebelum diberikan tugas menulis teks eksposisi serta siswa diberi pengetahuan dan pelatihan aspek mekanik penggunaan ejaan bahasa Indonesia, bunyi vokal, bentuk nomina, preposisi, interjeksi, dan ciri pembeda kalimat fakta dan opini. Kata kunci: kecerdasan linguistik, keterampilan menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Sep 2018 06:45
Last Modified: 19 Sep 2018 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10813

Actions (login required)

View Item View Item