PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION TIPE CLASSWIDE PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 WATAMPONE KABUPATEN BONE

Yunus, Nurpika Yuliani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION TIPE CLASSWIDE PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 WATAMPONE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
PAPER SEMINAR.pdf

Download (561kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Peer Mediated Intruction Tipe Class Wide Peer Tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Watampone.Penelitian ini adalah jenis penelitian Eksperimen Semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombongan belajar XI MIPA SMA Negeri 1 Watampone. Pengambilan sampel dengan simple random sampling.Teknik pengumpulan data dengan melakukan Pretest dan Posttest. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) ada pengaruh model pembelajaran PMII Tipe CWPT terhadap kemampuan berpikir kritis biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Watampone (ii) ada pengaruh model pembelajaran PMII Tipe CWPT terhadap hasil belajar biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Watampone. Kata Kunci: CWPT, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Sep 2018 06:18
Last Modified: 19 Sep 2018 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10811

Actions (login required)

View Item View Item