PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI MURID PUTRI SEKOLAH DASAR NEGERI KOMPLEKS IKIP 1 MAKASSAR MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DAN VISUALISASI

Ferawati, Ferawati (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI MURID PUTRI SEKOLAH DASAR NEGERI KOMPLEKS IKIP 1 MAKASSAR MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DAN VISUALISASI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Ferawati.docx

Download (11kB)

Abstract

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI MURID PUTRI SEKOLAH DASAR NEGERI KOMPLEKS IKIP 1 MAKASSAR MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DAN VISUALISASI Ferawati Abstrak. Perbandingan Hasil Belajar Senam Lantai Murid Putri Sekolah Dasar Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar melalui Pendekatan Inkuiri dan Visualisasi. Pembelajaran senam lantai menawarkan aktivitas yang merangsang murid untuk melakukan eksplorasi gerak pada tubuhnya sendiri yang mendorong pada terciptanya hasil belajar berupa keterampilan gerak. Upaya meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran tertumpu pada bagaimana guru menerapkan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan bagi murid belajar efektif. Pendekatan inkuri dan visualisasi menjadi pilihan dalam penelitian ini untuk mendorong aktivitas belajar mengembangkan proses pembentukan konsep gerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar senam lantai antara melalui pendekatan inkuiri dan visualisasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain “posttest only control group design”. Pengumpulan data berupa tes keterampilan gerak senam lantai pada 45 orang sampel murid putri yang dibagi dengan teknik purposive random sampling ke dalam kelompok inkuiri, kelompok visualisasi, dan kelompok kontrol. Teknik analisis data dengan analisis varian satu jalur pada taraf signifikansi α 0.05, dilanjutkan dengan Uji Tukey. Berdasarkan uji hipotesis dengan anava menunjukkan adanya perbedaan secara signifikan pada hasil belajar senam lantai antara ketiga kelompok baik inkuiri, visualisasi, maupun kontrol. Dari hasil Uji Lanjut (Tukey Test) menunjukkan tingkatan nilai rata-rata diantara ketiga kelompok yang paling tinggi mulai dari kelompok visualisasi, kelompok inkuiri, dan kelompok kontrol, sehingga dapat dikatakan bahwa pendekatan visualisasi lebih baik dibanding pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar senam lantai. Kata kunci : Pembelajaran Senam Lantai, Pendekatan Belajar, Inkuiri, Visualisasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: ?? 63001 ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:35
Last Modified: 25 Oct 2016 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item View Item