PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN KETERAMPILAN PRODUKTIF TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN PADA PESERTA DIDIK DI KELAS XII SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Baong, Irmayanti (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN KETERAMPILAN PRODUKTIF TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN PADA PESERTA DIDIK DI KELAS XII SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
(3) skripsi lengkap.pdf

Download (5MB) | Preview

IRMAYANTI, 2018. “Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Keterampilan Produktif Terhadap Pembentukan Karakter Kewirausahaan Peserta Didik kelas XII di SMK Negeri 1 Makassar”. Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Muhammad Dinar,SE.,MS dan Dr Muhammad Rakib,S.Pd.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Keterampilan Produktif Terhadap Pembentukan Karakter Kewirausahaan peserta didik kelas XII di SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan populasi sebanyak 345 peserta didik yang merupakan peserta didik dari kelas XII di SMK Negeri 1 Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik Observasi dan Angket. Tekhnik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kewirausahaan dan keterampilan produktif secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter kewirausahaan peserta didik kelas XII di SMK Negeri 1 Makassar. Hal ini dilihat dari hasil analisis data yang dilakukan yaitu dengan persamaan regresi Y= 2,271 + 0,632 X1 + 0,712 X2. Nilai adjusted R Square yang diperoleh sebesar 0,366 artinya 36,6% besarnya pembelajaran kewirausahaan dan keterampilan produktif terhadap pembentukan karakter kewirausahaan. Serta telah dilakukan uji hipotesis (Uji T). Hasil analisis diperoleh bahwa variabel pembelajaran kewirausahaan (X1) memiliki koefisien regresi sebesar sebesar 0,632 dan keterampilan produktif (X2) sebesar 0,712 (bertanda positif) terhadap pembentukan karakter kewirausahaan (Y), sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran kewirausahaan dan keterampilan produktif terhadap pembentukan karakter kewirausahaan peserta didik kelas XII di SMK Negeri 1 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 14 Sep 2018 08:16
Last Modified: 14 Sep 2018 08:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10778

Actions (login required)

View Item View Item