PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

HAFIL, HARYADI (2018) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI HARYADI.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi SMK Negeri 4 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing: Azwar Anwar, SE, M,Si, Ak, CA dan M. Ridwan Tikollah, S.Pd, M.SA) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa (X1), fasilitas belajar siswa (X2) dan hasil belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 20 for windows. Hasil persamaan regresi linear berganda diperoleh Y = 28,444 + 0,692X1 + 0,527X2, hal ini menyatakan bahwa setiap penambahan satuan minat belajar siswa sebesar 0,692 dan fasilitas belajar siswa sebesar 0,527 maka hasil belajar siswa bertambah sebesar 28,444. Hasil koefisien regresi yang diperoleh yaitu minat belajar siswa dan fasilitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat signifikansi 0,000 ≤ α=0,05 dan 0,003 ≤ α=0,05. Koefisien determinasi (R) sebesar 54% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa dan fasilitas belajar siswa secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Makassar. Selain itu, minat belajar siswa memberikan pengaruh dominan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Makassar dibandingkan dengan variabel fasilitas belajar siswa. Kata kunci: Minat Belajar, Fasilitas Belajar, dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:35
Last Modified: 12 Sep 2018 07:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10773

Actions (login required)

View Item View Item