PENGARUH KOMPETENSI GURU AKUNTANSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X DAN XII DI 4 SMK NEGERI DI KOTA MAKASSAR

SUKRANA, (2018) PENGARUH KOMPETENSI GURU AKUNTANSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X DAN XII DI 4 SMK NEGERI DI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, FE.

Full text not available from this repository.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi SMK Negeri di Kota Makassar. Variabel dalam penelitian adalah Kompetensi Guru (X) dan Motivasi Belajar Siswa (Y) yang diukur menggunakan Skala Guttman. Populasi penelitian ini meliputi seluruh guru akuntansi SMK Negeri dan siswa akuntansi kelas X SMK Negeri di kota Makassar yang berjumlah 123 orang. Tehnik pengambilan sambel dalam penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling dan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil analisis regresi linear sederhana ditemukan persamaan Ŷ=5,982+0,948X diartikan bahwa konstanta sebesar 5,982 menyatakan bahwa tanpa ada pengaruh kompetensi guru maka variabel motivasi belajar siswa adalah sebesa 5,982. Koefisien regresi variabel motivasi belajar siswa bernilai 0,948. Hal ini berarti bahwa setiap terjadi kenaikan kompetensi guru satu satuan, akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,483 atau sebsar 4,83 tanpa dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. ini berarti kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar sehingga dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Sep 2018 05:56
Last Modified: 12 Sep 2018 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10762

Actions (login required)

View Item View Item