PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 2 SOPPENG (STUDI PADA MATERI POKOK ASAM BASA)

Nugraha, Dirsyah Dedi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 2 SOPPENG (STUDI PADA MATERI POKOK ASAM BASA). S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Soppeng. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dan gaya belajar peserta didik, serta variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi pokok asam basa. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Soppeng yang berjumlah 7 kelas, sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling yaitu terdiri atas 2 kelas yaitu Kelas XI MIPA 1 (Kelas A) dan XI MIPA 4 (Kelas B). Desain penelitian adalah Faktorial. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi asam basa berupa post-test yang terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji F (ANOVA) menghasilkan nilai signifikan lebih besar daripada nilai α (α=0,05) . Hasil uji hipotesis dengan Uji F membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar dan terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Soppeng studi pada materi asam basa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Sep 2018 01:18
Last Modified: 12 Sep 2018 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10753

Actions (login required)

View Item View Item