PENGARUH PERSEPSI WAJIB PAJAK TENTANG KINERJA PERANGKAT PEMERINTAH DESA TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB ) DI DESA PAKKABBA KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR

NURAINI, NURAINI (2018) PENGARUH PERSEPSI WAJIB PAJAK TENTANG KINERJA PERANGKAT PEMERINTAH DESA TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB ) DI DESA PAKKABBA KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (84kB) | Preview

ABSTRAK NURAINI, 2018. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak tentang Kinerja Perangkat Pemerintah Desa terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Desa Pakkabba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi wajib pajaktentang kinerja perangkat pemerintah desa terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan (PBB ) di Desa Pakkabba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi wajib pajak tentang kinerja perangkat pemerintah desa (X)dan kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) (Y ). Populasinya adalah seluruh wajib pajak bumi dan bangunan (PBB) di Desa Pakkabba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar yang berjumlah 1.543 wajib pajak bumi dan bangunan (PBB). Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 94 wajib pajak bumi dan bangunan (PBB) yang diperoleh dengan menggunakan metode stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh model persamaan Y=3.140+0,174X artinya setiap penambahan satu satuan nilai persepsi wajib pajak tentang kinerja perangkat pemerintah desa, maka akan menyebabkan kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan (PBB ) bertambah 0,174 satuan. Hasi koefisien determinasi diperoleh nilai =0,320 yang berarti persepsi wajib pajak tentang kinerja perangkat pemerintah desa memberikan pengaruh positif dan signifikan dengan kontribusi pengaruh 32 persen terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan. Hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05, dengan demikian hipotesis dinyatakan diterima. Kata Kunci: Persepsi Wajib Pajak tentang Kinerja Perangkat Pemerintah Desa dan Kepatuhan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Sep 2018 02:24
Last Modified: 10 Sep 2018 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10718

Actions (login required)

View Item View Item