engaruh Kecerdasan Interpersonal, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Efikasi Diri pada Hasil Belajar dan Sikap terhadap Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar

WULANDARI, NATALIA PUSPITA (2018) engaruh Kecerdasan Interpersonal, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Efikasi Diri pada Hasil Belajar dan Sikap terhadap Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.PDF

Download (253kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh kecerdasan interpersonal dan kemampuan berpikir kritis pada hasil belajar dan sikap terhadap matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa sebanyak 12.330 dengan ukuran sampel sebanyak 190 siswa akreditasi A dan 190 siswa akreditasi B. Teknik sampling dilakukan dengan menggunakan equal size sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Skala kecerdasan interpersonal, (2) Tes kemampuan berpikir kritis, (3) Skala efikasi diri, (4) Tes hasil belajar matematika, (5) Skala sikap terhadap matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial metode SEM (Structural Equation Modeling) dan MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan (1) sebagian besar siswa akreditasi A memiliki kecerdasan interpersonal berada dalam kategori sangat tinggi, efikasi diri berada dalam kategori tinggi, kemampuan berpikir kritis berada dalam kategori sedang, hasil belajar matematika berada dalam kategori sedang, sikap terhadap matematika berada dalam kategori tinggi, (2) sebagian besar siswa akreditasi B memiliki kecerdasan interpersonal berada dalam kategori sangat tinggi, efikasi diri berada dalam kategori sangat tinggi, kemampuan berpikir kritis berada dalam kategori sedang, hasil belajar matematika berada dalam kategori sedang, sikap terhadap matematika berada dalam kategori sangat tinggi, (3) kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan pada hasil belajar dan sikap terhadap matematika secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri siswa baik akreditasi A maupun B, (4) kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif dan signifikan pada hasil belajar dan sikap terhadap matematika secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri siswa baik akreditasi A maupun B, (5) tidak terdapat perbedaan pengaruh kecerdasan interpersonal, efikasi diri, kemampuan berpikir kritis pada hasil belajar matematika tetapi terdapat perbedaan pengaruh kecerdasan interpersonal, efikasi diri, kemampuan berpikir kritis pada sikap terhadap matematika siswa antara akreditasi A dan B. Kata Kunci : kecerdasan interpersonal, kemampuan berpikir kritis, efikasi diri, hasil belajar matematika, dan sikap terhadap matematika ABSTRACT NATALIA PUSPITA WULANDARI. 2018. The Influence of Interpersonal Intelligence, Critical Thinking Ability, and Self-efficacy in Mathematics Learning Achievement and Attitude toward Mathematics on Grade VIIIth Students of SMP Negeri in Makassar (supervised by Arif Tiro and Wahidah Sanusi). This research was ex-post facto, the aim was investigated directly and indirectly the contribution of interpersonal intelligence and critical thinking ability to students’ mathematics learning achievement and attitude toward mathematics through self-efficacy on grade VIIIth of SMP Negeri in Makassar in 2017/ 2018. The population of this study was 12.330 students with a sample size of 190 accreditation students A and 190 accreditation students B. Samples of this research were chosen by equal size sampling technique. Instruments have used in this research were (1) interpersonal intelligence, (2) critical thinking ability test, (3) self-efficacy scale, (4) mathematics learning achievement test, and (5) attitude towards mathematics scale. The data were analyzed using descriptive analysis and SEM analysis (Structural Equation Modelling) and MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). The results showed that (1) the majority of accreditation students A have interpersonal intelligence are in very high category, self-efficacy is in high category, critical thinking ability is in medium category, mathematics learning result is in medium category, attitude toward math is in high category, (2) most of B accreditation students have interpersonal intelligence are in very high category, self-efficacy is in very high category, critical thinking ability is in medium category, mathematics learning result is in medium category, attitude toward math is in very high category, (3) interpersonal intelligence has a positive and significant effect on learning outcomes and attitudes toward mathematics directly or indirectly through self-efficacy of students both A and B accreditation, (4) critical thinking ability have positive and significant influence on learning result and attitude toward mathematics directly as well as indirectly through self-efficacy of students both accreditation A and B, (5) there is no difference of influence of interpersonal intelligence, self-efficacy, critical thinking ability in mathematics learning achievement but there are differences in the influence of interpersonal intelligence, self-efficacy, student mathematics between A and B accreditation Keywords: interpersonal intelligence, critical thinking ability, self-efficacy, students’ learning achievement, attitude towards mathematics.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:57
Last Modified: 10 Sep 2018 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10714

Actions (login required)

View Item View Item