Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Divergen, Kecerdasan Emosional, dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar

HANDAYANI, ROSDIA SILVIA (2018) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Divergen, Kecerdasan Emosional, dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.PDF

Download (235kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK . 2018. (dibimbing oleh Hisyam Ihsan dan Wahidah Sanusi). Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir divergen, kecerdasan emosional secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa sebanyak 726 dengan ukuran sampel sebanyak 220 siswa. Teknik sampling dilakukan dengan menggunakan sample random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Tes kemampuan berpikir kritis, (2) Tes kemampuan berpikir divergen, (3) Skala kecerdasan emosional, (4) Skala efikasi diri, (5) Tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial metode SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan (1) sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis berada dalam kategori sedang, kemampuan berpikir divergen berada dalam kategori sedang, kecerdasan emosional berada dalam kategori sangat tinggi, efikasi diri berada dalam kategori tinggi, hasil belajar matematika berada dalam kategori sedang, (2) kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri, (3) kemampuan berpikir divergen tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri, (4) kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir divergen, kecerdasan emosional, efikasi diri, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:53
Last Modified: 10 Sep 2018 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item View Item