Evaluasi Penerapan Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan KTSP pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA Negeri 2 Watansoppeng.

Rahayu, Sri (2013) Evaluasi Penerapan Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan KTSP pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA Negeri 2 Watansoppeng. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Rahayu, Sri.docx

Download (17kB)

ABSTRAK Sri Rahayu 2013. Evaluasi Penerapan Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan KTSP pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA Negeri 2 Watansoppeng. (dibimbing oleh Prof. Dr. Mansyur, M. Si. dan Dr. Syahrul, M.Pd.) Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan penilaian hasil belajar siswa berdasarkan KTSP pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Watansoppeng ditinjau dari segi konteks, masukan, proses dan produk?. Jenis penelitian yang digunakan untuk menkaji mengenai penerapan penilaian hasil belajar siswa berdasarkan KTSP pada mata pelajaran bahasa Inggris SMA Negeri 2 Watansoppeng adalah penelitian evaluasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dalam bentuk distribusi frekwensi dan persentase. Subjek dalam penelitian ini melibatkan: guru bahasa Inggris dan siswa kelas XII program Ilmu Alam (IA) dan Ilmu Sosial (IS). Untuk memperoleh data digunakan metode kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil evaluasi penerapan penilaian hasil belajar berdasarkan KTSP pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Watansoppeng berdasarkan rekapitulasi aspek konteks, masukan, proses dan produk rata-rata berada pada kategori baik. Hal ini diindikasikan oleh (1) prinsip penilaian, teknik dan instrumen penilaian, mekanisme dan prosedur penilaian sudah dilaksanakan sesuai kebutuhan, dan diselaraskan dengan Permendiknas RI No. 20 Tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan, (2) ketersediaan berbagai buku panduan dan dokumen kebijakan dalam pelaksanaan penilaian, (3) keterlaksanaan proses penilaian hasil belajar (standar perencanaan, standar pelaksanaan, standar pengolahan, dan standar pemanfaatan) oleh guru telah disesuaikan dengan ketentuan dalam Permendiknas RI No.20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian; (4) nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris telah mencapai KKM dalam empat keterampilan yakni, mendengar, membaca, menulis dan berbicara.   ABSTRACT Sri Rahayu 2013. Evaluation on the Implementation of Assesment of Students’ Learning Outcomes Based on KTSP on English Learning Subject at SMAN 2 Watansoppeng (supervised by Mansyur and Syahrul). The problem in this study is how the implementation of student learning outcomes assesment based on KTSP on English subject at SMAN 2 Watansoppeng in terms of context, input, process and product?. This type of research is evaluation research. Data were analyzed using descriptive data in the form of frequency distributions and percentages. Subjects in this study involves: English teacher and students of class XII Exact and Social program. To obtain data employed questionnaire, observation, documentation and interviews. The results showed that implementation of student learning outcomes assesment based on KTSP on English subject at SMAN 2 Watansoppeng in terms of context, input, process and product are in the good category. This is indicated by (1) the principles of assesment, assesment techniques and instruments, mechanisms and procedures of assesment have been implemented according to the needs, and aligned with the Ministerial Regulation No. 20 of 2007 on the standards of education, (2) the availability of a variety of books and documents of policy guide in the implementation of assesment, (3) feasibility of assesment process of learning outcomes (planning standards, implementation standards, processing standards, and utilization standards) by the teachers have been adapted to the provisions of the Ministerial Regulation No. 20 0f 2007 on the Standard of Assesment, (4) Students’ score on English subject is averagely achieved the KKM in the four skills, listening, reading, writing and speaking. ABSTRAK Sri Rahayu 2013. Evaluasi Penerapan Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan KTSP pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA Negeri 2 Watansoppeng. (dibimbing oleh Prof. Dr. Mansyur, M. Si. dan Dr. Syahrul, M.Pd.) Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan penilaian hasil belajar siswa berdasarkan KTSP pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Watansoppeng ditinjau dari segi konteks, masukan, proses dan produk?. Jenis penelitian yang digunakan untuk menkaji mengenai penerapan penilaian hasil belajar siswa berdasarkan KTSP pada mata pelajaran bahasa Inggris SMA Negeri 2 Watansoppeng adalah penelitian evaluasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dalam bentuk distribusi frekwensi dan persentase. Subjek dalam penelitian ini melibatkan: guru bahasa Inggris dan siswa kelas XII program Ilmu Alam (IA) dan Ilmu Sosial (IS). Untuk memperoleh data digunakan metode kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi > Evaluasi Pendidikan
KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi > Evaluasi Pendidikan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2016 00:58
Last Modified: 25 Oct 2016 00:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item