Peningkatan Pembelajaran Kemampuan Menulis Paragraf Narasi melalui Teknik Show Not Tell Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto

Risnawati, Risnawati (2014) Peningkatan Pembelajaran Kemampuan Menulis Paragraf Narasi melalui Teknik Show Not Tell Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Risnawati..docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Risnawati. 2014. “Peningkatan Pembelajaran Kemampuan Menulis Paragraf Narasi melalui Teknik Show Not Tell Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto”. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr.Hj. Sulastriningsing Dj., M.Hum. dan Dra. Hj. Syarifah Djamilah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis paragraf narasi melalui teknik Show Not Tell siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto; (2) peningkatan kualitas hasil pembelajaran menulis paragraf narasi melalui teknik Show Not Tell siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoretis dan praktis. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia sebanyak 1 orang dan siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik yang digunakan mengumpulkan data, yaitu: observasi dan tes. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada tahap proses pembelajaran, siswa mengalami perubahan perilaku dalam pembelajaran secara positif. Selama proses pembelajaran siswa tampak senang mengikuti pelajaran, siswa memperhatikan dan merespon pembelajaran secara antusias, berperan aktif dan merespon positif teknik pembelajaran yang diterapkan. Hal tersebut terjadi karena guru memadukan teknik pembelajaran Show Not Tell dengan strategi pembelajaran Aktif Learning pada siklus II. Selain itu, guru memberikan motivasi serta penguatan berupa hadiah kepada siswa yang aktif; (2) pada tahap evaluasi, menunjukkan bahwa hasil tes pembelajaran menulis paragraf narasi pada siswa setelah pembelajaran mengalami peningkatan. Hasil analisis tes unjuk kerja menulis paragraf narasi berpatokan pada tiga aspek penilaian yaitu aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Penerapan teknik Show Not Tell mampu meningkatkan hasil tes siswa, pada siklus I ketuntasan belajar siswa 64,05% dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar mencapai 83,45%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis paragraf narasi setelah pembelajaran mengalami peningkatan sebanyak 19,72% dan dinyatakan berhasil. Saran yang dapat disampaikan sebagai berikut: (1) Pada tahap pelaksanaan, guru dapat mengarahkan dan membimbing perilaku siswa dalam pembelajaran secara positif sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan kondusif; (2) Pada tahap evaluasi, diharapkan agar kemampuan menulis siswa khususnya menulis paragraf narasi melalui penerapan teknik Show Not Tell lebih ditingkatkan. Kata kunci: Paragraf Narasi, Show Not Tell

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:52
Last Modified: 25 Apr 2016 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item