EVALUASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BINANGA KABUPATEN MAMUJU

KAHARUDDIN, KAHARUDDIN (2018) EVALUASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BINANGA KABUPATEN MAMUJU. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
4 ARTIKEL.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Pemerintah meluncurkan program literasi sekolah pada jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti bagaimana program ini berjalan. Penelitian ini difokuskan pada unit sekolah SMP yaitu MTsN Binanga dengan menggunakan model evaluasi CIPPO. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan pemeriksaan dokumen pelaksanaan program. Sumber informasi pada penelitian ini adalah kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik. Pada penelitian ini dilakukan triangulasi terhadap sumber informasi dan juga waktu penelitian. Hasil penelitian pada komponen konteks menunjukkan adanya relevansi dan hubungan yang kuat antara program dengan tujuan dari sekolah, pada komponen input perlunya dukungan kuat dari pemilik program, khususnya pendanaan, pada komponen proses menunjukkan pelaksanaan telah berjalan maksimal, dari komponen product menunjukkan bahwa banyak peserta telah menghasilkan karya literasi , dan dari komponen dampak jangka pendek menunjukkan terciptanya beberapa kelompok belajar. Kata Kunci: literasi, model evaluasi CIPPO, kualitatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Sep 2018 02:53
Last Modified: 07 Sep 2018 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10693

Actions (login required)

View Item View Item