Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi 3 Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Negeri 4 Makassar

Al Hidayatullah, Al Hidayatullah (2018) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi 3 Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Negeri 4 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (121kB)

Penelitian ini bertujuann untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa Kelas XI akuntansi 3 pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah Motivasi Belajar (X) dan disiplin belajar (Y). Populasinya yaitu keseluruhanjumlah siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 4Makassar. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Akuntansi 3 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi product moment, uji-t, dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS 23,0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y = 5,441 + 1,110X, dimana nilai konstanta sebesar 5,411 menunjukan bahwa jika variabel motivasi belajar sama dengan nol (X=0), maka variabel disiplin belajar siswa sebesar 5,411. Nilai persamaan X sebesar 1,110 menunjukkan bahwa ketika motivasi belajar mengalami peningkatan satu satuan, maka disiplin belajar siswa mengalami peningkatan satu satuan. Dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai korelasi sebesar 0,819 yang berada pada rentang 0,80-1,000 yang berarti terdapat hubungan yang cukup kuat antara motivasi belajar dan disiplin belajar. Berdasarkan uji-t terdapat korelasi yang positif antara motivasi belajar (X) dan disiplin belajar (Y) sebesar 0,819 dengan nilai signifikan 0,000<0,05 yang berarti terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap disiplin belajar. Kata Kunci: Motivasi Belajar, HasilBelajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Sep 2018 02:07
Last Modified: 07 Sep 2018 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10681

Actions (login required)

View Item View Item