Pengembangan Pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Model Parenting

Salnita, Salnita (2018) Pengembangan Pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Model Parenting. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (i) Mendeskripsikan tingkat kebutuhan pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran model parenting di TK Al-Hidayah An-Nas Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. (ii) Mengetahui prototipe pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran model parenting di TK Al-Hidayah An-Nas Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. (iii) Mengetahui analisis tingkat validitas dan kepraktisan pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran model parenting di TK Al-Hidayah An-Nas Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah guru dan orangtua. Tehnik analisis data yang dilakukan adalah menganalisis data secara gambaran deskriptif dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Tingkat kebutuhan Pengembangan Pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Model Parenting di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Annas dapat digambarkan masih kurangnya pemahaman dari para pendidik khususnya guru dan orangtua akan pentingnya membentuk karakter anak usia dini hal ini menunjukkan masih ditemukan guru di kelompok B mengeluhkan ada 2 orang tua (dari 15 orang tua anak di kelompok B) yang sering meminta pekerjaan rumah berupa membaca-menulis-berhitung (calistung). Guru TK yang sudah memahami tahap-tahap perkembangan anak akhirnya dilematis karena secara teori yang diketahui, pembelajaran membaca untuk anak usia dini tidak dapat dipaksakan; (ii) Gambaran bentuk desain Pengembangan Pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Model Parenting terdiri atas dua komponen yakni komponen filosofi model dan komponen pelaksanaan model. Komponen filosofi model meliputi rasionalitas, tujuan, peran guru dan dukungan sistem. Sementara komponen operasional model dijabarkan secara rinci pada semua jenis kegiatan dengan tema yang berbeda. Semua kegiatan yang dikemas dengan tujuan untuk mengembangkan karakter anak usia dini; (iii) Tingkat validitas isi dan kepraktisan Pengembangan Pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Model Parenting di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Annas, menunjukkan bahwa penilaian validator dari semua perangkat yang telah disajikan dapat dinyatakan valid untuk digunakan dan pengembangan Pengembangan Pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Model Parenting memenuhi aspek praktis sehingga layak digunakan. Kata kunci: Karakter Anak Usia Dini, Parenting

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2018 03:52
Last Modified: 06 Sep 2018 03:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10665

Actions (login required)

View Item View Item