Pengaruh Latihan Pushup Dan Beban Dumbell Ditinjau Konsentrasi Terhadap Kecepatan Pukulan Straight Pada Atlet Tinju Amatir PPLP Provinsi Maluku

LATUHERU, MELERAND EVERT (2018) Pengaruh Latihan Pushup Dan Beban Dumbell Ditinjau Konsentrasi Terhadap Kecepatan Pukulan Straight Pada Atlet Tinju Amatir PPLP Provinsi Maluku. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL MELERAND EVERT LATUHERU.pdf

Download (398kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan latihan pushup (A1) dan beban dumbell (A2) terhadap kecepatan pukulan straight pada atlet tinju amatir PPLP Provisi Maluku, (2) interaksi antara latihan (A) dan konsentrasi (B) terhadap kecepatan pukulan straight, (3) pengaruh latihan pushup konsetrasi tinggi (A1B1) dan beban dumbell konsentrasi tinggi (A2B1) terhadap kecepatan pukulan straight (4) pengaruh latihan pushup konsentrasi rendah (A1B2) dan beban dumbell konsentrasi rendah (A2B2) terhadap kecepatan pukulan straight. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis factorial design dengan bentuk desain treatment by level design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet PPLP Provinsi Maluku dengan sampel sebanyak 20 atlet, 10 atlet di latihan pushup dan beban dumbell 10, tiap variabel mempunyai kelompok tinggi 5 atlet dan kelompok rendah 5 atlet. Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskritif, homogenitas, Kolmogorov smirnov, Normality ANOVA 2 jalur dengan bantuan program komputer SPSS versi 22 dengan taraf kepercayaan 0,05% (95%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) secara keseluruhan hasil kecepatan pukulan straight atlet tinju PPLP yang di latih dengan latihan pushup dan beban dumbell yakni nilai rata-rata dari latihan pushup konsentrasi tinggi sebesar 87.00 dan nilai rata-rata dari latihan pushup konsentrasi rendah sebesar 86.60 begitu juga nilai rata-rata dari beban dumbell konsentrasi tinggi sebesar 90.60 dan nilai rata-rata beban dumbell konsentrasi rendah sebesar 72.00. (2) Atlet tinju amatir PPLP Provinsi Maluku diberikan program latihan pushup dan beban dumbell, dimana keduanya ada pengaruh yang signifikan dapat dilihat dari hasil nilai .010 < α 0,05 terhadap kecepatan pukulan straight (3) hasil Tests of Between-Subjects Effects menunjukan kedua variabel ditinjau konsentrasi ada interaksi, dimana nilai signifikan .000 < α 0,05 terhadap kecepatan pukulan straight. (4) dari kedua variabel latihan pushup konsentrasi tinggi (A1B1) dan beban dumbellkonsentrasi tinggi (A2B1) begitu juga latihan pushup konsentrasi rendah (A1B2) dan beban dumbell konsentrasi rendah (A2B2) yakni kedua variabel ada perbedahan pengaruh terhadap kecepatan pukulan straight, di lihat dari nilai signifikan yang didapatkan lebih kecil dari nilai standar signifikana 0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2018 03:09
Last Modified: 06 Sep 2018 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item View Item