PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 12 MAKASSAR

Susanto, Nugroho Heru (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 12 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
(JURNAL) NUGROHO HERU SUSANTO 1192040017 PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI WORK.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata pelajaran Akuntansi Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 12 Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS 1 SMA Negeri 12 Makassar.Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional (X1) motivasi belajar (X2) dan prestasi belajar (Y) yang diukur dengan skala guttman. PopulasinyaadalahseluruhsiswakelasXII IPS 1 SMA Negeri 12Makassaryang berjumlah35siswa,danpenelitianinimenggunakanpurposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan program SPSS 22.0 for windows. Hasil analisis regresi berganda ditemukan persamaan Ŷ=62,375+1,035X1 + 1,245X2hal ini menyatakan bahwa setiap penambahan satu nilai kecerdasan emosional dan motivasi belajar maka prestasi belajar siswa bertambah sebesar nilai masing-masing variabel. Hasil uji-t, di mana hasil yang diperoleh yaitu: nilai sig. kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0.02 < 0.05 dan nilai sig. motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0.00 < 0.05. Hasil koefisien determinasi sebesar 66,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosionaldan motivasi belajar secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswamata pelajaran akuntansi kelas XII IPS 1 SMA Negeri 12 Makassar. Selain itu, motivasi belajar memberikan pengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS 1 SMA Negeri 12 Makassar dibandingkan dengan variabel kecerdasan emosional, maka hipotesis diterima. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Sep 2018 08:17
Last Modified: 05 Sep 2018 08:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

View Item View Item