Pengaruh Pelaksanaan Model Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas V SD Negeri 201 Tammu-Tammu.

Nasriani, Nasriani (2018) Pengaruh Pelaksanaan Model Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas V SD Negeri 201 Tammu-Tammu. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NASRIANI.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan model kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament), mengetahui gambaran kemampuan berkomunikasi, menguji pengaruh pelaksanaan model kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas V SD Negeri 201 Tammu-Tammu. Penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan true eksperimental deisgn yaitu dengan desain pretest-posttest control group design. Pada penelitian ini terdapat dua variable: variable bebas yaitu pelaksanaan model kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dan variable terikat adalah kemampuan berkomunikasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 201 Tammu-Tammu yang berjumlah 53 siswa. Selanjutnya penentuan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control masing-masing 20 siswa. Instrumen divalidasi oleh dosen ahli. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS for windows 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (i) pelaksanaan model kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dalam pembelajaran IPS terdiri dari tahap penyajian kelas, belajar dalam kelompok, games tournament dan penghargaan kelompok pada umumnya terlaksana dengan baik. (ii) kemampuan berkomunikasi siswa pada kelompok eksperimen sebelum pembelajaran memiliki skor rata-rata kemampuan berkomunikasi siswa yaitu 69,85, setelah dibelajarkan dengan pelaksaan model kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terjadi peningkatan skor rata-rata 88,65. Pada kelompok kontrol sebelum pembelajaran skor rata-rata kemampuan berkomunikasi siswa yaitu 67,9 dan setelah pembelajaran meningkat yaitu 74,0. (iii) Pelaksanaan model kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas V SD Negeri 201 Tammu-Tammu. Kata Kunci: Pelaksanaan Model Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Kemampuan Berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Sep 2018 07:40
Last Modified: 05 Sep 2018 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10653

Actions (login required)

View Item View Item