ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KILO

Rasul, A. Rasul (2018) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KILO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
4. ARTIKEL.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis kesalahan terjadi pada subjek berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah yaitu tidak menyebutkan atau menuliskan syarat untuk menyelesaikan soal. Jenis kesalahan yang lain juga yang terjadi pada subjek berkemampuan rendah yaitu kurang tepat dalam mengidentifikasi unsur-unsur dalam aljabar dan kurang tepat dalam memaparkan langkah-langkah penyelesaian secara sistematis. Sedangakan letak kesalahan terjadi pada subjek berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah, yaitu kurang tepat dalam memanipulasi bentuk aljabar dan kurang tepat dalam perhitungan soal penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagia pada subjek berkemampuan sedang dan rendah. Letak kesalahan yang lain juga terjadi pada subjek berkemampuan rendah yaitu ketidakteraturan langkah-langkah dan tidak menuliskan variabel dalam menyelesaikan soal;(2) penyebab kesalahan terjadi pada subjek berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah, tidak mengerti dengan syarat-syarat untuk menyelesaikan soal, sulit memahami konsep variabel, koefisien, dan konstanta, siswa lebih cenderung mengingat daripada memahami, kurang memahami operasi perkalian antara dua bentuk aljabar, dan sering melupakan materi pelajaran yang sudah lewat. Penyebab kesalahanyang lain juga terjadi pada subjek berkemampuan sedang dan rendahantara lain tidak mengerti operasi pembagian dalam aljabar terutama pembagian yang mempunyai tanda kurung, bingung dengan bentuk soal, menggunakan operasi perkalian antara dua bentuk aljabar pada soal yang berbeda, kesalahan terhadap simbol-simbol dalam aljabar, siswa merasa bingung dalam memecahkan soal bentuk aljabar yang terkadang memiliki penyelesaian yang panjang dan ‘terbalik-balik’, dan siswa masih merasa bingung jika menemui perhitungan yang melibatkan tanda positif (+) dan negatif (-). Kata Kunci:Letak kesalahan. Jenis kesalahan, Penyebab kesalahan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Sep 2018 04:13
Last Modified: 05 Sep 2018 04:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10647

Actions (login required)

View Item View Item