Purnamawati, Purnamawati (2011) Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Bidang Keahlian Elektronika Industri di SMK. Jurnal Pendidikan Medtek " Media Edukasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan", 3 (1). pp. 43-54. ISSN 2085-5508
|
Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
medtek.pdf - Published Version Download (16MB) | Preview |
|
|
Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - PBM.pdf - Published Version Download (687kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran berbasis masalah (PBL) adalah suatu inovasi pembelajaran inovasi pembelajaran yang bertujuan untuk memandirikan siswa dalam belajar, membudayakan berpikir kritis, kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis masalah pada bidang keahlian elektronika industri. Jenis penelitian adalah eksperimen semu, yang dilaksanakan di SMK Negeri dan Swasta dengan objek penelitian siswa kelas XI. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yaitu ketuntasan belajar secara individu yaitu 85,22%, kompetensi guru dalam mengajar sangat baik, aktivitas siswa efektif dan siswa menunjukkan respon yang sangat positip. Dengan demikian, pembelajaran berbasis efektif diterapkan pada siswa-siswa SMK. Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam penelitian ini dapat merangsang motivasi siswa, membangun kreativitas, kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi belajar siswa, dan mengembangkan kemandirian dalam belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Purnamawati Purnamawati |
Date Deposited: | 28 Oct 2018 23:50 |
Last Modified: | 29 Dec 2019 04:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10639 |
Actions (login required)
View Item |