Ramly, Ramly and Salam, Salam and Kawa, Nur Fatna (2016) PROFIL CAPAIAN PELATIHAN KURIKULUM 2013; KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PETAMA 26 MAKASSSAR. In: Seminar Nasional Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (APROBSI) : "MemperkukuhPeran APROBSI dalamMewujudkan Kemitraan dan Pemberdayaan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang Mandiri", 29-30 April 2016, Makassar, Indonesia.
|
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Ramly Aprobsi e-print Ramly, Salam, dan Nur fatma Kawa.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review - Artikel Prosiding Seminar Nasional - Profil Capaian Pelatihan Kurikulum 2013 kasus di Sekolah....pdf - Published Version Download (794kB) | Preview |
Abstract
Makalah ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan mendeskripsikan profil kompetensi guru bahasa Indonesia menerapkan Kurikulum 2013 pascapelatihan. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga orang guru bahasa Indonesia yang ditetapkan secara purposif. Metode yang digunakan adalah pengamatan kinerja dengan menggunakan Instrumen Penilaian Kinerja Guru (IPKG) program PPG dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang telah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 telah menyerap isu Kurikulum 2013, tetapi kualitas penerapan aspek kurikulum 2013 dalam pembelajaran beragam. Hal ini berarti bahwa guru yang telah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 sudah bisa menerapkan hasil pelatihan, tetapi masih perlu pelibatan mereka secara berkelanjutan dalam kegiatan profesional berikutnya untuk mencapai kompetensi optimal. Kata kunci: kompetensi guru, kurikulum 2013, profil guru, guru bahasa Indonesia
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 05:56 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 00:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10626 |
Actions (login required)
View Item |