PENGARUH LATIHAN BOOMERANG RUN, LATIHAN ZIG-ZAG RUN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA SMK NEGERI 2 BANTAENG

AGUSSALIM, AGUSSALIM (2018) PENGARUH LATIHAN BOOMERANG RUN, LATIHAN ZIG-ZAG RUN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA SMK NEGERI 2 BANTAENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL AGUS.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan saling pengaruh (latihan boomerang run, zig-zag run dan motivasi berprestasi) terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada siswa SMK Negeri 2 Bantaeng.Data kuantitatif dari penelitian ini diolah dengan menggunakan rumus-rumus statistik dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 20.Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri atas data motivasi prestasi siswa yang diperoleh dari kueisoner motivasi prestasi yang telah diujikan pada awal proses penelitian dan data hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan mengenai materi menggiring bola. Analisis yang dilakukan terhadap data–data yang diperoleh adalah uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Analisis Varians (Anava) dua jalan sesuai dengan desain dan rancangan faktorial 2x2 serta uji lanjut ANAVA menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,011 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (sig. 0,05) sehingga H1diterima. Artinya, ada perbedaan yang signifikan hasil menggiring bolayang diberikan latihan dengan menggunakanlatihan zig zag run dengan siswa yang diajar menggunakanlatihan boomerang run. (ii) Efek interaksi dengan sumber variansi media pembelajaran dan gaya belajar menghasilkan Fhitung = 78,52 dan F tabel = 2,95 (Fhitung > Ftabel). Begitu pula dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,000 > 0,05) sehingga H1 diterima. Artinya, terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi prestasi terhadap hasil tes menggiring bola pada siswa SMK Negeri 2 Bantaeng (iii) menunjukkan bahwa mean difference media latihan zig zag run kelompok motivasi tinggi sebesar dan media latihan boomerang run motivasi tinggi sebesar 4,900* begitu pula dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (0,000.< 0,05 ) sehingga H1 diterima. Artinya, ada perbedaan yang signifikan hasil tes menggiring bolayang memiliki motivasi tinggi pada SMK Negeri 2 Bantaeng. (iv) menunjukkan bahwa mean difference media latihan zig zag run kelompok motivasi rendah dan media latihan boomerang run motivasi rendah sebesar 3,100* begitu pula dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (0,001< 0,05 ) sehingga H1 diterima. Artinya, ada perbedaan yang signifikan hasil tes menggiring bolayang yang memiliki motivasi rendah pada SMKN 2 Bantaeng. Kata kunci: Boomerang Run, Zig-Zag run, Motivasi Berprestasi, Kemampuan Menggiring Bola

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:07
Last Modified: 03 Sep 2018 04:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10617

Actions (login required)

View Item View Item