PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ASRIOT PADA MK. PANAHAN TERHADAP MAHASISWA PJKR FIK UNM

YASRIUDDIN, M. Pd., DR. and WAHYUDIN, M.Pd, Dr. and HUSAIN, HUSRIANI (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ASRIOT PADA MK. PANAHAN TERHADAP MAHASISWA PJKR FIK UNM. Jurnal Penelitian PNBP FIK UNM.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ASRIOT PADA MK. PANAHAN TERHADAP MAHASISWA PJKR FIK UNM.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persentase peminatan mahasiswa Jurusan PJKR FIK UNM terhadap Penerapan Metode Pembelajaran ASRIOT pada Mata Kuliah TP. Panahan..Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif persentase. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan PJKR FIK yang memprogramkan Mata Kuliah TP. Panahan dengan jumlah sampel 300 orang putera dan puteri yang dipilih secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Persentase. Bertolak dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Tingkat keamanan dalam penerapan metode pembelajaran ASRIOT adalah sebesar 92% atau 276 mahasiswa dari 300 orang yang menjadi sampel. 2. Tingkat kesederhanaan dalam penerapan metode pembelajaran ASRIOT adalah sebesar 91% atau 273 mahasiswa dari 300 orang yang menjadi sampel. 3. Tingkat ke riilan/kenyataan dalam penerapan metode pembelajaran ASRIOT adalah sebesar 95% atau 285 mahasiswa dari 300 orang yang menjadi sampel. 4. Tingkat keinovatifan dalam penerapan metode pembelajaran ASRIOT adalah sebesar 84.67% atau 254 mahasiswa dari 300 orang yang menjadi sampel. 5 Tingkat keobyektifan dalam penerapan metode pembelajaran ASRIOT adalah sebesar 95.67% atau 287 mahasiswa dari 300 orang yang menjadi sampel. 6. Tingkat ke terukuran dalam penerapan metode pembelajaran ASRIOT adalah sebesar 95.33% atau 286 mahasiswa dari 300 orang yang menjadi sampel. 7. Secara keseluruhan penerapan metode pembelajaran ASRIOT yang menginginkan faktor keamanan, kesederhanaan, keriilan/kenyataan, keinovatifan, keobyektifan dan keterukuran adalah sebesar 92.28% dari 300 orang yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran ASRIOT sangat cocok terhadap mata kuliah TP. Panahan, demikian pula terhadap mata kuliah yang lain yang sifatnya ekstrim atau menantang untuk menjaga keselamatan peserta didik. Kata Kunci : Metode “ASRIOT”

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Aug 2018 07:26
Last Modified: 31 Aug 2018 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10595

Actions (login required)

View Item View Item