PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA THE INFLUENCE OF GROUP GUIDANCE USING BRAINSTORMING TECHNIQUE ON STIDENTS’ CREATIVITY

Arif, Muhammad (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA THE INFLUENCE OF GROUP GUIDANCE USING BRAINSTORMING TECHNIQUE ON STIDENTS’ CREATIVITY. S2 thesis, pASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
JURNAL Arif.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terhadap kreativitas siswa kelas IX SMP Negeri 37 Makassar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan The Randomized Assignment Posttest Only Control Group Design, Using Matched Subjects. Subyek penelitian berjumlah 24 siswa yang dipasangkan menurut skor kreativitas menulis karangan kemudian ditugaskan secara acak untuk menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data mengenai kreativitas diperoleh melalui Tes Kreativitas Verbal (TKV). Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan program IBM Statistics 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming berpengaruh untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IX SMP Negeri 37 Makassar tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Bimbingan kelompok, brainstorming, kreativit

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Aug 2018 05:13
Last Modified: 30 Aug 2018 05:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10570

Actions (login required)

View Item View Item