PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI DENGAN POKOK BAHASAN DOKUMEN TRANSAKSI PERUSAHAAN JASA PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

AHMAD, HARDIYANTI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI DENGAN POKOK BAHASAN DOKUMEN TRANSAKSI PERUSAHAAN JASA PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. Diploma thesis, FE.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa akuntansi dengan pokok bahasan dokumen transaksi perusahaan jasa pada siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)(X)dan motivasi belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan kelas X akuntansidi SMK Negeri 4 Makassar. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X akuntansi 2 sebanyak 35 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh model persamaan Y= 4,742 + 0,460X, artinya setiap penambahan satu satuan nilai model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) maka akan menyebabkan nilai motivasi belajar bertambah 0,460 satuan. Hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,647 menunjukkan hubungan sangat kuat antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa akuntansi. Hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 dengan demikian Hipotesis dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:15
Last Modified: 30 Aug 2018 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10560

Actions (login required)

View Item View Item