PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI ILLUSION OF TRANSPARENCY TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA UNM

Dahman, Windy Astuti (2018) PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI ILLUSION OF TRANSPARENCY TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA UNM. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI ILLUSION OF TRANSPARENCY TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA UNM Windy Astuti Dahman (windyastutid13@gmail.com) Widyastuti (widya_prasthya@yahoo.com) Muh. Nur Hidayat Nurdin (dayat_20858@yahoo.com) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Kecemasan berbicara di depan umum merupakan perasaan takut atau khawatir individu karena adanya tekanan saat tampil didepan umum yang menghambat individu untuk menunjukkan kapasitas dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian informasi illusion of transparency terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra UNM. Pemberian informasi illusion of transparency diasumsikan dapat menurunkan tingkat kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Rancangan penelitian menggunakan desain one-group pretest-posttest design. Subjek dalam peneltian ini mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra angkatan 2016 (n=5). Data diperoleh melalui analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil menunjukkan terjadi perubahan tingkat kecemasan berbicara di depan umum yang signifikan yaitu pada saat pretest dan posttest menunjukkan nilai (p= 0,043) Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pemberian informasi illusion of transparency dapat memberikan hasil yang signifikan terhadap penurunan skor kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Penelitian ini diharapkan mampu membantu mahasiswa dalam mengurangi kecemasan berbicara di depan umum, dengan adanya pengetahuan mengenai informasi illusion of transparency. Kata kunci: Illusion of transparency, Mahasiswa, kecemasan berbicara di depan umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:41
Last Modified: 29 Aug 2018 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10548

Actions (login required)

View Item View Item