EFEKTIVITAS POSITIVE SELF-TALK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI BODY-IMAGE DISSATISFACTION

Gafar, Rabiah Adawiyah (2018) EFEKTIVITAS POSITIVE SELF-TALK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI BODY-IMAGE DISSATISFACTION. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

EFEKTIVITAS POSITIVE SELF-TALK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI BODY-IMAGE DISSATISFACTION Rabiah Adawiyah Gafar (rabiahadwyh@gmail.com) Widyastuti (widya_prasthya@yahoo.com) Dian Novita Siswanti (dhian76@yahoo.com) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar JL. A.P. Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Remaja putri cenderung mengalami body-image dissatisfaction yang mengakibatkan remaja tersebut memiliki kepercayaan diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas positive self-talk dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja putri yang mengalami body-image dissatisfaction di Fakultas Psikologi UNM. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan ketentuan sampel penelitian memiliki skor rendah pada skala kepercayaan diri dan skor tinggi atau sedang pada skala body-image dissatisfaction. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 14 orang (N=14) yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney dan Wilcoxon signed-rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa positive self-talk efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja putri yang mengalami body-image dissatisfaction pada kelompok ekspremen. Sementara kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan, tidak terjadi perubahan tingkat kepercayaan diri pada remaja putri yang mengalami body-image dissatisfaction. Positive self-talk akan efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri jika dilakukan secara konsisten. Kata Kunci: Positive self-talk, kepercayaan diri, body-image dissatisfaction, remaja putri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:11
Last Modified: 29 Aug 2018 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item View Item