PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN SULAWESI SELATAN DALAM PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN KOTA MAKASSAR

Hidayah, Siti (2018) PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN SULAWESI SELATAN DALAM PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL 1.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan Dalam Pengawasan Pelayanan Publik Di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Muh Nur Yamin dan Herlina Sakawati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan dalam melakukan pengawasan pelayanan publik di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Aspek yang diperhatikan dalam penelitian ini adalah proses pengawasan, yaitu penetapan standar, penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanaan kegiatan, pembandingan pelaksanaan dengan standar dan analisa penyimpangan dan pengambilan tindakan koreksi. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan sumber data yang digunakan berasal dari sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan Dalam Pengawasan Pelayanan Publik di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sangat penting bagi terciptanya pelayanan publik yang efektif bebas dari tindakan maladministrasi. Hal ini didukung dan dapat dilihat dari proses pengawasan tentang penetapan standar pelaksanaan, penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanaan kegiatan, pembandingan pelaksanaan dengan standar dan analisa penyimpangan, dan pengambilan tindakan koreksi. Berdasarkan hasil penelitian dari kelima indikator menunjukan hasil bahwa Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan Dalam Pengawasan Pelayanan Publik di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berjalan dengan efektif. Kata Kunci : Peran, Pengawasan, dan Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:03
Last Modified: 29 Aug 2018 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10535

Actions (login required)

View Item View Item