HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN SISWA BERTANYA DI KELAS (SMA NEGERI 18 MAKASSAR)

Komalasari, Andi Febry (2018) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN SISWA BERTANYA DI KELAS (SMA NEGERI 18 MAKASSAR). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN SISWA BERTANYA DI KELAS (SMA NEGERI 18 MAKASSAR) Andi Febry Komalasari (andifebry38@gmail.com) Ahmad (ahmadrazak71@gmail.com) Andi Nasrawati Hamid (andinasrawaty19@gmail.com) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl.AP Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Pada proses pembelajaran guru memberikan kesempatan semua siswa untuk bertanya di kelas. Namun, pada kenyataanya masih banyak siswa yang tidak menggunakan kesempatan bertanya karena malu, takut, atau lingkungan kelas yang tidak menarik. Siswa yang memiliki kecemasan bertanya di kelas akan berdampak pada kreatifitas dan motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self efficacy dengan kecemasan siswa bertanya di kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 260 siswa di SMA Negeri 18 Makassar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi pearson product moment pada kelas yang diambil secara simple random sampling. Hasil penelitian pada uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat ada hubungan self efficacy dengan kecemasan siswa bertanya di kelas dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) dan menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara self efficacy dengan kecemasan siswa bertanya di kelas dengan nilai signifikansi -0,746 yang menunjukkan bahwa semakin tinggi self efficacy, semakin rendah kecemasan siswa bertanya di kelas, sebaliknya semakin rendah self efficacy, semakin tinggi kecemasan siswa bertanya di kelas. Hal ini disebabkan karena siswa memiliki kemampuan bertanya, namun berfikir bahwa guru akan mengkritik atau takut menjadi ejekan siswa lainnya. Pemikiran yang negatif akan membuat siswa menjadi cemas dalam mengemukakan pertanyaan di kelas. Kata kunci: kecemasan bertanya, self efficacy, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:03
Last Modified: 29 Aug 2018 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10533

Actions (login required)

View Item View Item