PENGARUH MUSIK TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING MELALUI PERUBAHAN MOOD

Siwy, Eklesia Adriaty (2018) PENGARUH MUSIK TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING MELALUI PERUBAHAN MOOD. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH MUSIK TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING MELALUI PERUBAHAN MOOD Eklesia Adriaty Siwy (eklesiadriaty@gmail.com) Lukman (l_nadjamuddin@yahoo.com) Asmulyani Asri (asmulyani.unm@gmail.com) ABSTRAK Impulsive buying merupakan pola perilaku konsumen yang kerap terjadi dalam situasi retail, yang timbul karena dorongan emosi, dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu atmosfer toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atmosfer toko, khususnya musik terhadap perilaku impulsive buying yang dimediasi oleh perubahan mood. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik accidental sampling dengan melibatkan sebanyak 180 konsumen yang berbelanja di Lottemart Panakkukang Makassar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analysis of variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh musik terhadap mood (pleasure F = 171,550, p = 0,000; mood arousal F = 188,716, p = 0,000), dan pengaruh mood (pleasure) terhadap perilaku impulsive buying (F = 5,040, p = 0,026). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak retailer untuk memutarkan jenis musik yang sesuai dalam situasi toko, untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang berkesan, dan menguntungkan bagi perusahaan. Kata kunci: Musik, Mood, Impulsive Buying, Perilaku Konsumen THE EFFECT OF MUSIC ON IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR THROUGH MOOD CHANGE Eklesia Adriaty Siwy (eklesiadriaty@gmail.com) Lukman (l_nadjamuddin@yahoo.com) Asmulyani Asri (asmulyani.unm@gmail.com) ABSTRACT Impulsive buying is a kind of consumer behaviour that usually occur in retail setting, which caused by emotional factor, and affected by several factors, such as the store atmosphere. The purpose of this study is to know how music affect impulsive buying behavior, which is mediated by mood change. Sampling techniques using accidental sampling, conducted in Lottemart Panakkukang Makassar, with total subjects 180. Data were collected and analyzed using analysis of variance (ANOVA). Result show that there is an effect of music on mood (pleasure F = 171,550, p = 0,000; mood arousal F = 188,716, p = 0,000), and mood’s effect (pleasure) on impulsive buying behaviour (F = 5,040, p = 0,026). The implication of this study can be a reference for the retailer to playing the appropriate music, so it can produce a pleasant environmental shopping, and make benefit for the retailer. Keyword: Music, Mood, Impulsive Buying, Consumer Behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:00
Last Modified: 29 Aug 2018 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10532

Actions (login required)

View Item View Item