PERSEPSI PEMBERIAN INSENTIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET

Dirhamzah, Andi Almaidah (2018) PERSEPSI PEMBERIAN INSENTIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

PERSEPSI PEMBERIAN INSENTIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET Andi Almaidah Dirhamzah alma_dir@yahoo.com Muh. Daud daoed64@yahoo.com Muh. Nur Hidayat Nurdin dayat_20858@yahoo.com Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Pemberian insentif merupakan faktor yang memengaruhi motivasi berprestasi atlet, sehingga kuantitas dan kualitas insentif yang diberikan pada atlet sangat penting untuk diperhatikan. Pemberian insentif yang tidak sesuai dengan kebutuhan atlet akan memicu timbulnya persepsi negatif atlet terhadap insentif yang diberikan karena dianggap tidak mencukupi dan tidak sesuai dengan harapan yang dimiliki. Pemberian insentif akan efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi atlet jika insentif dipersepsikan sebagai hal yang positif, dalam arti insentif yang diberikan sudah baik dan mencukupi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi pemberian insentif dan motivasi berprestasi pada atlet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah sampel 59 orang (N=59). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data penelitian diambil menggunakan 2 (dua) buah skala, yaitu skala motivasi berprestasi dan skala persepsi pemberian insentif. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara persepsi pemberian insentif dengan motivasi berprestasi pada atlet PPLP Sulawesi Selatan. Nilai koefisien korelasi r = 0,302 dan nilai signifikansi p = 0,020, dimana p < 0,05. Hal ini berarti bahwa semakin baik kualitas dan kuantitas insentif yang diberikan, maka semakin meningkat motivasi berprestasi yang dimiliki oleh atlet; sebaliknya semakin kurang kualitas dan kuantitas insentif yang diberikan, maka semakin rendah motivasi berprestasi yang dimiliki oleh atlet. Pemerintah diharapkan mampu melakukan pemberian insentif yang memadai dan sesuai dengan pencapaian atlet. Kata Kunci: Persepsi pemberian insentif, motivasi berprestasi, atlet. THE PERCEPTIONS OF GIVEN INCENTIVES AND ACHIEVMENT MOTIVATION OF ATHLETES Andi Almaidah Dirhamzah alma_dir@yahoo.com Muh. Daud daoed64@yahoo.com Muh. Nur Hidayat Nurdin dayat_20858@yahoo.com Faculty of Psychology, Universitas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarani Makassar, 90222 ABSTRACT Incentives are factors that influence the athlete's achievement motivation, so the quantity and quality of incentives given to athletes is very important. Incentives which is incompatible with the athlete's need will trigger a negative athlete's perception of incentives given because they are considered inadequate and not in accordance with their expectations. Incentives will be effective in improving the motivation of athlete achievement if the incentive is perceived as positive, in the sense that the incentive given is good and sufficient.The aim of this research is to find out the relation between the perception of the given incentive and the achievement motivation of the athletes. This research is a correlational quantitative research. The population of this research were the athletes of Center of Education and Training of Student (PPLP) of South Sulawesi with the sample of 59 people (N= 59). The sampling technique that was used was the total sampling. The research data was taken using 2 scales namely the achievement motivation scale and the scale of the perception of incentives. Hypothesis test was done by using Spearman test.The results showed that there was a correlation between the perceptions of giving incentives with the motivation of high achieved athletes PPLP South Sulawesi. The correlation coefficient value was r = 0,302and significance value p = 0,020 where p <0,05. This means that athletes who have positive perceptions of incentives have high achievement motivation, otherwise athletes who have negative perceptions of incentives have low achievement motivation. The given incentive that has high quality and quantity which the athletes need the most will give high achievement motivation. The government is hoped to give the incentive which is worth to the athletes achievement. Keywords: Perception of incentives, achievement motivation, athlete.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2018 05:47
Last Modified: 29 Aug 2018 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10527

Actions (login required)

View Item View Item