EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAY KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Sari, Putri (2018) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAY KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAY KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR Putri Sari (94putrisari@gmail.com) Widyastuti (widya_prasthya@yahoo.com) Faradillah Firdaus (ilafirdaus@yahoo.com) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Anak pada usia sekolah membentuk konformitas dengan teman sebayanya. Anak dihadapkan pada pilihan untuk melakukan kegiatan konformitas positif atau negatif. Kegiatan konformitas negatif dilakukan anak dengan melakukan berbagai pelanggaran aturan baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Perilaku prososial diperlukan individu untuk menghindari perilaku melanggar aturan dalam kehidupan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode role play keterampilan sosial terhadap perilaku prososial pada siswa sekolah dasar. Pemberian metode role play keterampilan sosial diasumsikan dapat meningkatkan perilaku prososial pada siswa sekolah dasar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak berusia 10-11 tahun berjumlah 34 anak sekolah dasar yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen (n=14) dan kelompok kontrol (n=20). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Anova Mixed Design. Hasil analisis menunjukkan signifikansi prososial pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terjadi perubahan perilaku prososial yang tidak signifikan (F=2,751; p=0,094, p>0,05). Ditemukan perubahan pada interaksi pretest dan posttest yakni mengalami kenaikan skor mean 0,18 lebih besar dibanding kelompok kontrol. Selain itu, hasil analisis data observasi role play keterampilan sosial mencapai 62,49% dan hasil refleksi evaluasi penunjukan perilaku prososial subjek mencapai 92,61%. Demikian, metode role play keterampilan sosial dapat digunakan sebagai metode untuk membantu individu mengembangkan perilaku prososial. Kata kunci: Perilaku Prososial, Metode, Role Play Keterampilan Sosial, Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2018 05:36
Last Modified: 29 Aug 2018 05:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10524

Actions (login required)

View Item View Item