PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 202 BORONG AMPIRIE KECAMATAN TELLULIMPOE KABUPATEN SINJAI

ANMA, ANDI MUKMIN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 202 BORONG AMPIRIE KECAMATAN TELLULIMPOE KABUPATEN SINJAI. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
anma 1 artikel.pdf

Download (667kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS sebelum diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, mendeskripsikan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, dan menguji pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 202 Borong Ampirie Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain pra-eksperimen one group pre-post test design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 202 Borong Ampirie Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Populasi dalam penelitian ini adalah 82 siswa SD Negeri 202 dan sampel dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS sebelum diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT memiliki rata-rata 74,00 dengan berada pada kategori baik (b) hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT memiliki rata-rata 83,00 dengan berada pada kategori sangat baik, (c) terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 202 Borong Ampirie Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa sebesar 74.3%, adapun 25,7% merupakan pengaruh yang disebabkan oleh variabel lain selain pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT . Kata Kunci : Numbered Head Together, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:48
Last Modified: 29 Aug 2018 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10517

Actions (login required)

View Item View Item