Keefektifan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung dalam Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 24 Makassar

Riski, Amaliyah (2010) Keefektifan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung dalam Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 24 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Riski Amaliyah.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Riski Amaliyah. 2010. “Keefektifan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung dalam Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 24 Makassar.” Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Sulastriningsih Dj., dan Muhammad Saleh. Penelitian ini bertujuan; (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode ceramah; (2) Mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik pengamatan objek secara langsung; (3) mendeskripsikan keefektifan teknik pengamatan objek secara langsung dalam pembelajaran menulis puisi siswa Kelas VIII SMPN 24 Makassar. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini dikelompokkan atas dua kelompok, yaitu kelas kontrol berjumlah 30 orang dan kelas eksperimen berjumlah 30 orang. Penarikan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel random. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis yaitu siswa diberikan pretes, treatment, dan postes. Data yang dikumpul dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan analisis inferensial jenis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 24 Makassar dengan menggunakan metode ceramah pada kelas kontrol dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata 58,43; (2) Kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 24 Makassar dengan menggunakan teknik pengamatan objek secara langsung dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 80,27; (3) Teknik pengamatan objek secara langsung efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 24 Makassar. Perbandingan hasil kemampuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai th > tt yaitu 7,120 > 2,01 hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:52
Last Modified: 25 Apr 2016 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item View Item