IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN MASYARAKAT SUKU MEE DI KECAMATAN PANIAI TIMUR KABUPATEN PANIAI PROVINSI PAPUA

TEKEGE., MARSELA (2018) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN MASYARAKAT SUKU MEE DI KECAMATAN PANIAI TIMUR KABUPATEN PANIAI PROVINSI PAPUA. Diploma thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagimana Implementasi UU No 1 Tahun 1974 tentang perkawinan Suku Mee Kecamatan Paniai Timur Kabupaten Paniai dan Mengapa Masyarakat Suku Mee Kecamatan Paniai Kabupaten Paniai yang masih tetap melakukan perkawinan menurut hukum adatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunkan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Bagimana Implementasi UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan Suku Mee Kecamatan Paniai Timur Kabupaten Paniai .perkawinan sangat penting untuk mencari keturunan dan hidup bahagia. Kemudian kebiasaan Suku Mee sebelum sebelum menikah melihat kedua mempelai suami-isteri kematangan Jiwa dan mampu bertanngun jawabkan dalam keluarga .kemudian ada juga yang sebelum mendapatkan anak tidak biasa menikah di gereja ini bagi masyarat yang belum memahami karena belum tahu tentang adanya undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan bahwa ada aturan yang mengatur, tapi orang yang sudah berpendidikan biasa jalan sesuai dengan peraturan tersebut jadi sistem yang masyarakat biasa pakai adalah sistem berpoligami karena hukum adatnya tidak melarang bagi setiap suku. Masyarakat Suku Mee Kecamatan Paniai Timur kabupaten Paniai di kenal dengan hukum adatnya sehingga masih tetap melakukan perkawinan secara adat suku mee karena kurangnya berpendidikan.dan ada faktor tertentu yang menyebabkan bagi mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Aug 2018 05:41
Last Modified: 28 Aug 2018 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10495

Actions (login required)

View Item View Item