Pedagang Cakar di Pasar Sentral Soppeng

Suherna, Suherna (2018) Pedagang Cakar di Pasar Sentral Soppeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal suherna.pdf

Download (113kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Rute masuknya Cakar di Pasar Sentral Soppeng, 2) Strategi dalam berdagang Cakar di Pasar Sentral Soppeng, dan 3) Untuk mengetahui Relasi antarpedagang dengan pedagang dalam berdagang Cakar di Pasar Sentral Soppeng. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif . Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Rute masuknya Cakar di Pasar Sentral Soppeng melalui rute dari Pare-Pare, terlebih dahulu Cakar di Impor dari luar Negeri seperti Cina, Korea, Taiwan dan Malaysia, kemudian sebelum berada di pelabuhan Pare-Pare, Cakar di masukkan kedalam kapal penumpang yang ingin menuju pelabuhan, setelah itu dibawa ke tempat penyimpanan barang di Pare-Pare. Distributor besar yang telah melakukan impor Cakar membayar biaya impor dengan biaya yang di gunakan seperti dalam satu karung Cakar 10% setelah itu melakukan penjualan Cakar kepada pedagang Sidrap dengan biaya yang digunakan seperti dalam satu karung Cakar 15%, kemudian pedagang Sidrap melakukan penjualan Cakar kepada pedagang eceran di Pasar Sentral Soppeng dengan biaya yang di gunakan dalam menjual seperti satu karung Cakar 20%. Dari setiap penjualan yang dilakukan mengalami kenaikan biaya dari sebelumnya dengan selisih 5% yang di dapat dalam penjualan kemudian pedagang di Pasar Sentral Soppeng menjual kembali Cakar di pasar dengan harga sesuai yang di dapat dari pembelian Cakar. 2) Strategi berdagang Cakar dengan pedagang pakaian baru di Pasar Sentral Soppeng yaitu dari pedagang Cakar lebih memilih hari Kamis dan Minggu, dilihat dari kualitas barang, adanya potongan harga, memilih tempat menjual di dekat pintu masuk Pasar Sentral Soppeng, dibandingkan dengan pedagang pakaian baru yang lebih memilih setiap hari, mengutamakan merek dengan model barang dan tidak memiliki potongan harga, tempat jualan berada di dalam pasar 3) adanya hubungan kerjasama antara para pedagang Cakar dengan maksud untuk mempererat suatu hubungan antara pedagang dengan pedagang lain maupun pedagang dengan pembeli. Sehingga dengan adanya interaksi sosial yang dilakukan dapat menimbulkan suatu kerjasama yang terjadi di Pasar Sentral Soppeng. Kata Kunci: Pedagang Cakar, Perdagangan, Interaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Antropologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Aug 2018 05:33
Last Modified: 28 Aug 2018 05:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10494

Actions (login required)

View Item View Item